google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Khasiat Tanaman Patah Tulang alias Euphorbia truscalli - PLANTER AND FORESTER

Khasiat Tanaman Patah Tulang alias Euphorbia truscalli


Walking to work
Tanaman Patah Tulang

Tanaman Patah Tulang alias Euphorbia truscalli

Menikmati jalan pagi menuju kantor merupakan salah satu kenikmatan tersendiri apalagi kalau bertemu dengan beberapa tanaman yang unik dan bermanfaat.

Kali ini di halaman sebuah rumah di daerah KS Tubun, bertemu dengan Tanaman Patah Tulang alias Euphorbia truscalli atau sering disebut kayu urip. Uniknya tanaman ini, sepertinya hanya ranting atau cabang berwarna hijau dan terlihat seperti susunan tulang yang bersambung

Tanaman asli dari Afrika ini, sering saya temui di halaman rumah, baik sebagai tanaman pagar ataupun tanaman di dalam pot. Tidak nampak cantik memang, dibandingkan dengan tanaman hias lain. Mungkin khasiatnya yang diharapkan dari tanaman ini, sehingga banyak bertengger (bukan burung lho ya ) di rumah rumah alias sebagai tanaman obat dan semoga tebakan ini benar .

Khasiat yang utama sesuai namanya memang untuk mempercepat penyembuhan cidera patah tulang alias fraktur (Fracture). Penyebab fraktur bisa karena accident atau kepadatan tulang yang rendah alias osteoporosis. Mulai dari jenis patah tulang complete fracture, closed fracture, open fracture, greenstick, transversal, oblik, spiral dll terbantu dengan tanaman ini.

Manfaat tanaman patah tulang, setelah dilakukan perbaikan posisi tulang yang patah, bagian tanaman batang dan daun digiling halus dengan daun srigi atau seligi (Phyllantus buxifolius) diremas dengan air garam dan dihangatkan kemudian ditempel dan dibalutkan ke titik patah tulang. Terkadang juga dibalut dibantu daun bakung (Crinum asiaticum) atau daun Randu (Ceiba pentandra).
Semoga dengan ijin Tuhan, luka lebih cepat sembuh.

Manfaat lain yang cukup ampuh adalah sebagai obat penyakit Frambusia alias patek alias puru berupa infeksi pada kulit, tulang dan sendi yang disebabkan bakteri Treponema pallidum. Frambusia tropica, tidak lepas dari sejarah Indonesia 🇮🇩pada saat jaman penjajahan. Penyakit ini menjadi momok bagi masyarakat yang kurang menjaga kebersihan. Pada tahun 1960 an, World Health Organisation hampir memusnahkan epidemi penyakit ini dan sudah menemukan obatnya. Pengobatan dengan tanaman patah tulang dan campuran Gadung China (Smilax china) yang ditumbuk halus dan terkadang dicampur juga dengan getah kedondong (Spondias dulcis) dan getah pepaya (Carica papaya) akan membuat luka frambusia rontok dan mengelupas berlahan lahan sampai akhirnya sembuh.

Khasiat lain manfaat Tanaman Patah Tulang cukup banyak, termasuk untuk sakit gigi, kutil atau kapalan, dan yang unik juga untuk mengeluarkan duri yang menusuk tanpa mencongkel, silahkan mencoba.

#tanamanpatahtulang
#Euphorbiatirucalli
#patahtulang
#frambusia
#crinumasiaticum
#ceibapentandra
#smilaxchina
#spondiadulcis
#caricapapaya
#komunitaspejalankaki
#KAKI
#berjalankakikekantor

0 Response to "Khasiat Tanaman Patah Tulang alias Euphorbia truscalli"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel