google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Gudeg Makanan Khas Yogyakarta - PLANTER AND FORESTER

Gudeg Makanan Khas Yogyakarta



Gudeg
Gudeg Khas Yogyakarta
Makanan khas Jogyakarta ini berbahan baku utama Nangka muda yang diolah sedemikian rupa sehingga berasa manis, gurih, kenyal, lembut, asin dan berbagai cita rasa lain yang muncul.

Kota Jogyakarta, karena saking populernya Gudeg membuat kota ini dijuluki Kota Gudeg.
Santapan ini menurut sumber terpercaya , dibuat dengan merebus nangka muda dengan santan hingga beberapa jam dengan bahan tambahan seperti bawang merah, bawang putih, gula aren, ketumbar, lengkuas, kemiri, daun salam juga daun jati yang memberikan warna kecoklatan pada gudeg. Biasanya gudeg dihidangkan dengan tambahan nasi, dibalur kuah santan kental atau areh dengan lauk pilihan seperti ayam kampung, telur, tahu, tempe dan yang tidak ketinggalan sambal goreng krecek yang terbuat dari kulit sapi sebagai teman pelengkap gudeg.

Saya perhatikan, saking banyaknya rumah makan atau warung yang menjual gudeg, sengaja saya tidak sebutkan namanya (baca : takut promosi) sampai sampai saya tidak melihat pedagang nangka matang. Semua jadi gudeg .

Nangka masuk dalam suku Moraceae dengan nama latin Artocarpus integra atau Artocarpus heterophyllus dan dikenal sebagai Jack Fruit.

Nangka tanaman berumah satu atau monoecious. Bunga jantan dan betina dalam satu pohon. Bunga jantan berbentuk gada dengan serbuk sari kekuningan dan berbau harum dan setelah melakukan tugasnya menyerbuki bunga betina akan membusuk dan ditumbuhi jamur dan menghitam saat masih menggantung di pohon. Jadi anda kalau melihat mirip buah buah nangka kecil yang menghitam, tidak usah takut. Itu bunga nangka Jantan yang sudah melaksanakan tugasnya.

Bunga betina dan merupakan bunga majemuk syncarp dan setelah diserbuki melanjutkan tugasnya untuk menjadi buah nangka yang akhirnya kita makan baik dalam bentuk gudeg, gulai nangka, megono, oseng oseng gori dll. atau salah satu komponen dalam es Campur atau Es Teler.

Kembali ke gudeg,saking banyaknya kebutuhan buah nangka muda, sepertinya Jogyakarta harus impor nangka dari daerah lain.

Peluang untuk petani memproduksi nangka mensupport makanan khas yogya ini.

Selamat menikmati gudeg. Anda belum sampai yogya kalau belum makan gudeg.

#gudeg
#kotagudeg
#jogyakarta
#yogya
#jogya
#aren
#krecek

0 Response to "Gudeg Makanan Khas Yogyakarta"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel