google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Khasiat Daun Katuk alias Sauropus androgynus (L.) Merr. - PLANTER AND FORESTER

Khasiat Daun Katuk alias Sauropus androgynus (L.) Merr.


 Sauropus androgynus (L.) Merr.
Katuk.
Katuk alias Sauropus androgynus (L.) Merr. 

Ya, inilah sayuran yang populer di South Asia dan Southeast Asia karena produktifitas yang tinggi dan palability atau rasanya enak.

Kandungan B karoten yang tinggi sebagai bahan untuk pembuatan vitamin A, tingginya kadar polifenol (tanin) yang menghambat penyerapan Zn dan Fe.



Katuk alias Sauropus androgynus (L.) Merr. 
Sauropus dikenal di South Asia dengan nama nama yang berbeda. Pak Waan dalam bahasa Thailand, Rau Ngot dalam bahasa Vietnam, Chinese Malunggay dalam bahasa Philipina, amame shiba dalam bahasa Jepang, Mani Cai dalam bahasa Cina, Cekur manis dalam bahasa Malaysia dan Cangkok Manis dalam bahasa Brunei.
Sering dimasak sebagai sayur bening yang dicampur dengan Jagung dan sayuran lainnya.

Khasiat sebagai sayuran yang memperlancar aliran air susu Ibu sudah tidak diragukan lagi. Makanya tanaman Katuk banyak ditanam di pekarangan rumah dan gampang dipanen.



Katuk alias Sauropus androgynus (L.) Merr. 
Daun Katuk ternyata pernah dipergunakan sebagai sayuran penurun berat badan di Taiwan di era 90 an dan efeknya menyebabkan kerusakan paru paru karena konsentrasi tinggi dari papaverine yang memicu bronchiolitis obliterans.
Papaverin juga merupakan alkaloid yang terdapat di candu atau opium sehingga konsumsi berlebihan menyebabkan efek samping seperti keracunan papaverin.

Selamat pagi, selamat beraktifitas.

#katuk
#sauropusandrogynus
#stargooseberry
#sweetleaf
#jalankalikekantor
#komunitasjalankaki
#planter_forester
#planterandforester

0 Response to "Khasiat Daun Katuk alias Sauropus androgynus (L.) Merr. "

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel