google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Misteri Tujuh Sumur Keraton Kanoman Cirebon - PLANTER AND FORESTER

Misteri Tujuh Sumur Keraton Kanoman Cirebon

Misteri Tujuh Sumur Keraton Kanoman
Keraton Kanoman Cirebon

Keraton yang berada di Kelurahan Pekalipan Kecamatan Kanoman, Kota Cirebon, disamping memiliki arsitektur bangunan yang unik dan bersejarah, juga memiliki 7 sumur keraton yang merupakan peninggalan jaman walisongo.
Baca juga :  Mengetahui Sejarah Keraton Kanoman Cirebon

Teras Keraton Kanoman atau Balai Jinem

Diantara 7 sumur keraton tersebut, saya berhasil melihat langsung 5 sumur dan ada 2 sumur yang berada di dalam keraton yang tidak bisa saya kunjungi karena hanya bisa dilihat pada hari hari tertentu seperti saat Maulid Nabi.

Sumur sumur tersebut oleh masyarakat setempat dan pendatang dipercaya memiliki keutamaan dan fungsi sesuai dengan kemauan yang punya hajat. Sumur sumur ini berada di Kawasan Kebon Jimat yang merupakan tempat sakral dan tempat privasi untuk keluarga Keraton Kanoman Cirebon.

Baca juga : Misteri Lawang Seblawong di Keraton Kanoman Cirebon




Witana, di sebelah kiri ada Sumur Witana atau Sumur Pengasihan

Witana di Keraton Kanoman
Sumur Witana, terletak depan Bangsal Witana di sebelah kanan dari kebun Jimat dan terdapat bangunan seperti kolam yang dibuat dari batu karang. Bibir sumur dilapis dengan batu karang dan kedalamannya sekitar 2 meter. Rasa air tidak asin walaupun berada di tepi laut dan menurut cerita pada saat Upacara Panjang Jimat, sumur ini penuh dengan pengunjung dari berbagai daerah. Air dari Sumur Witana dipergunakan juga sebagai untuk memenuhi kebutuhan air Keraton.


Sumur Witana

Sumur Kejayaan terletak di bagian tengah kebon dan sumur masih alami dengan pengambil air dari ember yang diberi tali. Kedalaman sumur juga sekitar 2 meter dan sedikit lebih luas dan ada bagian untuk mandi. Menurut penjelasan guide, sumur di dipercaya bagi yang ingin punya hajat dan sukses.

Sumur Kejayaan, letaknya di tengah kebun 
Sumur Kejayaan, air tawar dan manis

Bekas orang mandi di Sumur Kejayaan
Sumur Bandung terletak di sebelah kiri dari Sumur Kejayaan dan dilengkapi pompa air dan kran untuk mengambil air. Airnya segar dan tawar meskipun berada di tepi laut. Kedalaman juga sekitar 3 m dengan bibir sumur yang lebih lebar.

Sumur Bandung
Sumur Penganten berada paling pinggir dan di sebelah kiri sumur Bandung. di bibir sumur seperti di sumur Witana, dihiasi dengan batu karang yang disusun rapi. Saya hanya melihat dari jarak dekat karena menurut guide dipercaya untuk mempermudah kaum perempuan untuk mendapatkan jodoh

Sumur Penganten terletak di ujung area ini
Sumur Langgar atau Keramat berada di dalam area langgar dan terletak di bagian belakang. Terdapat gentong dari tanah liat untuk berwudhu dan kamar mandi karena langgar ini biasanya penuh saat acara Keraton.

Sumur Langgar

Langgar Keraton Kanoman

Langgar Keraton Kanoman

Semua air dari sumur tersebut berasa tawar dan sedikit manis.

Dalam kepercayaan masyarakat Cirebon dan Pendatang, Sumur sumur ini sebagai bagian dari kebudayaan dipercaya memiliki khasiat dan khusus di Sumur Langgar, air nya dipergunakan untuk "memandikan" atau membersihkan benda pusaka Keraton.

Baca Juga :  Misteri Cerita di Balik Langgar atau Tajug Keraton Kanoman Cirebon

Balai Witana

Semua itu kembali kepada masing masing, paling tidak saya sudah menyaksikan Sumur di Keraton Kanoman yang juga menjadi saksi sejarah khususnya Kota Cirebon dan menjadi bagian dari kebudayaan Indonesia.


0 Response to "Misteri Tujuh Sumur Keraton Kanoman Cirebon"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel