google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Mengenal Mengkudu, Morinda citrifolia - PLANTER AND FORESTER

Mengenal Mengkudu, Morinda citrifolia


Mengkudu

Morinda citrifolia, termasuk famili Rubiaceae sesuai nama yang diberikan oleh Carolus Linnaeus atau juga sering disapa dengan Carl Von Linne seorang ilmuwan Swedia yang juga sekaligus meletakkan dasar tatanama biologi sehingga dikenal sebagai "Bapak Taksonomi Modern" (Father of Modern Taxonomy). Mengenai khasiat buah mengkudu, sudah banyak yang membahas jadi tidak perlu dipaparkan lagi.

Mengkudu, Morinda citrifolia
Tanaman ini sangat menarik semut penenun alias weaver ant family Formicidae sebagai semut eusocial yang membuat sarang dari daun pohon dan melindungi tanaman dari beberapa serangga parasit. Koloni bisa sangat besar terdiri dari lebih dari 100 sarang yang memenuhi pohon dan berisi hingga 1 juta pekerja.

Aroma buah juga menarik kelelawar buah alias kalong Pteropodidae untuk menyantap lezatnya mengkudu ini. Maka janhan heran sering menemui biji tanaman mengkudu tumbuh di atap atap rumah, di atas pohon ataupun di tebing tebing terjal karena penyebarannya dibantu kelelawar yang "menelek" alias membuang hajat di sembarang tempat.

Ada satu jenis lalat buah yaitu Drosophila sechellia yang memakan buah ini secara eksklusif. Sang Drosophilla suka meletakkan telur pada buah buah Morinda alias mengkudu dan ternyata ada hal yang unik dan menjadi simbiosis komensalisme, Buah Mengkudu kaya akan L-DOPA dan serangga ini sangat bergantung pada ketersediaan prekusor hormon ini dopamin ini untuk pengatur kesuburan. Subhanallah.

Kalau anda jual Pace, sepertinya tidak laku.Tetapi kalau anda jual Buah Noni atau Moringa, kemungkinan lebih laku


#morindacitrifolia
#buahnoni
#noni
#buahmengkudu
#planterandforester

0 Response to "Mengenal Mengkudu, Morinda citrifolia"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel