google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Mengenal Ciri Ciri Kucai, Allium tuberosum - PLANTER AND FORESTER

Mengenal Ciri Ciri Kucai, Allium tuberosum


Mengenal Ciri Ciri Kucai, Allium tuberosum


Allium tuberossum 

Daun Kucai
Allium tuberosum
Kucai
Kali ini saya ketemu dengan tanaman yang irisan tipis tipisnya sering menghiasi bubur ayam, Soto Jawa Timuran atau kadang ada di isi Lumpia.
Kalau keluarga bawang (Allium) lain, yang dimanfaatkan umbinya, yang ini adalah daunnya meskipun akhiran spesiesnya tuberosum.


Allium tuberosum
Ciri Ciri Tanaman Kucai
Jangan keliru antara Daun Kucai dan Daun Bawang yang juga sering menghiasi Bubur Ayam, daun Kucai memiliki daun pipih dan lebih kecil sedangkan daun bawang lebih besar dan berongga. Selain itu, kalau Daun Kucai dari pangkal ujung berwarna hijau pekat, sedangkan daun bawang pangkal mendekati akar berwarna putih dan ke arah ujung berwarna hijau. Sebenarnya mungkin tidak perlu dijelaskan karena teman teman pasti sudah tahu perbedaan ini.

Bawang Kucai atau Daun Kucai bunganya berwarna putih dan bagus juga untuk tanaman hias. Dengan tangkai bunga yang panjang melebihi panjang daun, seolah olah ingin menunjukkan keindahannya. Uniknya bunga Daun Kucai juga bisa dijadikan rempah rempah penyedap rasa.



Manfaat Daun Kucai
Manfaat Daun Kucai selain pemberi aroma di beberapa masakan, juga berkhasiat dari segi kesehatan. Penelitian yang terus dikembangkan adalah sebagai antikanker. Ada penelitian yang menyebutkan bahwa pria yanh mengkonsumsi asupan sayuran Daun Kucai beresiko lebih rendah terkena kanker prostat dan penelitian lain menyebutkan Daun Kucai mampu membantu melindungi dari resiko kanker esofagus alias kerongkongan dan kanker perut.

Manfaat lain disebutkan mampu memcegah pembentukan homosistein yang dikaitkan dengan serangan jantung, stroke dan penggumpalan darah. Selain itu mampu menurunkan kolesterol, membantu mencegah pengeroposan tulang, mengandung Kolin yang dapat membantu menjaga kesehatan otak dan mempertajam ingatan, mengandung Karoten lutein yanh dapat membantu mengurangi stres oksidatif di mata dan mempertajam perkembangan katarak.



Yang menjadi perhatian adalah untuk teman teman yang alergi segala bentuk bawang dan ini memang ada di dunia nyata, sebaiknya menghindari Daun Kucai ini karena bisa menimbulkan gatal, ruam merah pada kulit, hidung berair dan tersumbat serta gejala alergi lain.

#daunkucai
#bawangkucai
#alliumtuberosum
#planterandforester

0 Response to "Mengenal Ciri Ciri Kucai, Allium tuberosum"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel