google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Keunggulan Minyak Kelapa dibanding MInyak Kelapa Sawit - PLANTER AND FORESTER

Keunggulan Minyak Kelapa dibanding MInyak Kelapa Sawit

Keunggulan Minyak Kelapa dibanding Minyak Kelapa Sawit


Meski bersaing dengan produk minyak dari  kelapa sawit (Elaeis guianeensi), dari segi kualitas minyak kelapa (Cocos nucifera) lebih unggul.  Pasalnya Indonesia termasuk produsen terbesar minyak sawit.

Minyak kelapa terbukti bisa digunakan untuk menggoreng ikan sampai 3 kali dan tetap jernih, Berbeda dengan minyak sawit, yang pada penggunaan kedua saja sudah berwarna kecoklatan dan pemasakan ketiga, ikan akan gosong...buktikan saja.

Hal itulah yang menyebabkan minyak harus diganti karena lemak jenuh meningkat dan berbahaya bagi kesehatan khususnya meningkatkan kolesterol dalam darah.  Jika sudah begitu, resiko penyakit degeneratif pun lebih besar.  Berbagai publikasi yang dimuat di media massa sering menyebut kandungan lemak jenuh yang tinggi mempunyai andil terhadap serangan jantung.  Fakta yang terungkap dari pemberitaan ini adalah kandungan lemak jenuh minyak kelapa adalah 92%, sedangkan minyak kelapa saiwt hanya 45%.  Fakta ini membuat masyarakat heboh mengganti minyak goreng dari kelapa menjadi kelapa sawit agar terhindar dari penyakit jantung.

Padahal riset beberapa ahli membuktikan sebaliknya.  Sebagai minyak goreng, minyak kelapa memiliki keunggulan yaitu tetap stabil walaupun digunakan untuk menggoreng pada temperatur tinggi.

Minyak kelapa tidak cepat beralih rupa menjadi asam lemak trans atau Trans Fatty Acid, karena lebih banyak mengandung Medium Chain Fatty Acid (MCFA).  Asam lemak ini cepat terserap tubuh shingga meningkatkan kinerja enzim pencernaan dan penyerapan di usus.

Minyak kelapa juga memiliki keunggulan yang tidak selalu dimiliki minyak lain, yaitu asam laurat (Lauric Acid) yang berfungsi sebagai pencegah serangan virus, bakteri, jamur dan mikrobakteri lainnya.

Selain berfungsi sebagai antimikroba, minyak kelapa juga mengandung zat yang bermanfaat untuk menghentikan serangan radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit jantung.

Manfaat  berlimpah dari minyak kelapa itulah yang membuat beberapa produsen minyak kelapa (tidak perlu saya sebutkan) secara konsisten memproduksi minyak kelapa, meskipun harga di pasaran jauh lebih mahal dibandingkan minyak kelapa sawit.

Berdasarkan hasil uji Sucofindo, minyak goreng berbasis kelapa mengandung asam laurat 45.88% dan angka itu masih standar versi Asia Pacific Coconut Community (APCC) yaitu 43-53% untuk minyak kelapa murni.  Artinya kualitas minyak goreng kelapa ini setara dengan minyak kelapa murni atau VCO (Virgin Coconut Oil).

Minyak goreng berbasis kelapa juga mengandung Free Fatty Acid (FFA) rendah yakni 0.02%, standar APCC sebesar 0,5%.  Hal ini berpengaruh jika menggoreng makanan menggunakan minyak kelapa maka makanan akan lebih awet dan tidak gampang tengik.  Pemakaian minyak kelapa juga kebih hemat karena tidak diserap oleh makanan yang digoreng.

Hidup lebih sehat pastinya dambaan setiap orang, meskipun makanan gorengan sering dihindari oleh beberapa orang karena kandungan lemaknya, tidak ada salahnya mengurangi resiko tersebut dengan menggunakan Minyak Goreng berbasis Kelapa (Cocos nucifera).

ok...................

4 Responses to "Keunggulan Minyak Kelapa dibanding MInyak Kelapa Sawit"

  1. 365SBOBET Situs Agen SBOBET , Agen Bola Terpercaya di Indonesia

    365SBOBET adalah Agen Sbobet Terpercaya Indonesia, Situs Agen Bola Resmi Online Casino Terbaik Official Partner kami adalah Barcelona dan Liverpool.

    http://104.161.33.124

    Buruan Daftarkan DIri anda di 365SBOBET & menangkan Ratusan Juta Rupiah Setiap Harinya!!!
    Bonus Pendaftaran Member Baru 20% Maksimal s/d 1 Juta Rupiah
    Bonus Next deposit 5%
    Bonus Rollingan 0.5%
    Bonus Cashback 5%
    Dengan Minimal deposit untuk mendapatkan Bonus Hanya 50 ribu

    Deposit hanya Rp. 25.000

    Whatsapp : 0823.6134.6235

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel