google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Tanaman Hias Berbunga Indah, Bunga Pukul Delapan - Turnera subulata, - PLANTER AND FORESTER

Tanaman Hias Berbunga Indah, Bunga Pukul Delapan - Turnera subulata,

Bunga Pukul Delapan - Turnera subulata

Bunga Pukul Delapan - Turnera subulata
Lokasi Pengambilan Foto

Tanaman Turnera subulata ditemui pada saat perjalanan di Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur.

Identifikasi Tanaman

Ordo        : Malpighiales
Family     : Passifloraceae Turneraceae
Genus      : Turnera
Spesies    : Turnera subulata

Bunga ini merupakan kelompok famili Turneraceae dengan nama lain cukup banyak ada yang bilang White alder, Sulphur alder atau buttercup flower dalam bahasa inggris.

Kalau di Indonesia disebut bunga pukul delapan karena mekarnya memang di pagi hari sekitar pukul delapan.

Bunga Pukul Delapan - Turnera subulata
Uniknya, setelah mekar kira kira 2 jam-an, bunga ini akan kuncup kembali dan bunga yang kuncup berbentuk seperti payung ditutup.

Daun berwarna hijau, berbentuk oval dan pinggirnya bergerigi.

Mahkota bunga berwarna kuning cerah dan cenderung putih, mendekati pusat bunga, berwarna coklat gelap.

Bunga ini sangat disukai oleh serangga karena warnanya yang menyolok terang dan mungkin juga karena kandungan madunya.

Tanaman ini termasuk hias bunga dan biasanya ditanam berkelompok dan dapat juga digunakan sebagai tanaman pembatas pada kelompok tanaman pohon.

Bunga Pukul Delapan - Turnera subulata
Habitat Tanaman

Bunga pukul delapan tidak tahan ternaungi dan harus mendapatkan sinar penuh untuk mekar secara sempurna.
Bunga pukul delapan mampu tumbuh diberbagai macam tanam

Manfaat Tanaman

Di lingkup perkebunan, tanaman ini sering ditanam di sekitar tanaman pokok karena menarik beberapa serangga predator untuk beberapa hama.

Turnera subulata merupakan sumber nektar dan sumber makanan bagi serangga Sycanus, sejenis predator yang memangsa hama ulat api yang merugikan perkebunan sawit. Ulat api seperti Setora nitens menjadi hama daun kelapa sawit dan apabila serangannya tinggi dapat mengganggu produksi kelapa sawit.

Di lingkup forestry, Turnera ditanam karena juga menjadi sumber makanan bagi Kumbang Sycanus yang menajdi predator serangga Helopeltis yang menyerang pucuk tanaman Acacia mangium alias Akasia.  Pertumbuhan tanaman Akasia di umur 2 - 12 bulan jika terserang berat akan terganggu sehingga pertumbuhan tanaman yang diukur dengan MAI tidak tercapai.

Turnera biasanya ditanam di Nursery atau pembibitan, di sepanjang jalan produksi dan di tempat penampungan hasil.

Budidaya Tanaman

Budidaya tanaman Turnera subulata sangat mudah dengan metode perbanyakan vegetatif dengan stek dan pemisahan rumpun.

Perbanyakan dengan stek paling dianjurkan, bisa dari sisa pangkasan tanaman dan disemai di polibag atau di bak semai stek dan disungkup.  Tanpa sungkup pun tanaman Turnera ini juga bisa tumbuh dengan baik.

Turnera subulalata juga memiliki nilai estetika yang indah, sehingga juga cocok jika ditanam di depan perumahan atau perkantoran dan kalau di Perkebunan atau Kehutanan, sudah biasa menanam tanaman Turnera atau bunga pukul delapan ini di afdeling, pinggir jalan, nursery atau pembibitan, bahkan di taman taman fasilitas umum.

Bunga Turnera subulata sangat menarik dan rumpun tanaman Turnera subulata mampu bertahan hingga 5 tahun dengan pemeliharaan terutama dengan pemangkasan dan pemupukan tambahan jika diperlukan. Pemupukan bisa menggunakan NPK standar 15 : 15 : 15 dengan dosis 5 gram per rumpun tanaman untuk mempertahankan kemampuan pertumbuhan dan pembungaan tanaman.

Turnera subulatan juga memberikan dampak keseimbangan ekologi di daerah tempat penanaman karena memberikan sumber makana bagi serangga yang membutuhkannya, terlihat berbagai lebah, kupu dan serangga lainnya berkumpul saat bunga Turnera subuluta mekar di pukul delapan hingga kuncup kembali di pukul 10 an.

Bergulir siklus setiap hari dengan Turnera sebagai sumbr pakan, akan menyambung rantai makana  yang sempurna dan mampu mengurangi tingkat serangan hama di pertanaman pokok. 




0 Response to "Tanaman Hias Berbunga Indah, Bunga Pukul Delapan - Turnera subulata, "

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel