google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Tilapia mozambique alias Mujair. - PLANTER AND FORESTER

Tilapia mozambique alias Mujair.


Tilapia mozambique alias Mujair.

Sebelumnya kita ucapkan terima kasih kepada Pak Mujair yang telah menemukan ikan ini di Muara Sungai Pantai Serang yang berada di Pesisir Selatan Blitar.

Ya, ikan Mujair sesuai penemunya Pak Mujair berasal dari Mozambiq Afrika dan nyasar ke Kabupaten Blitar 🙄🙄. Masak iya berenang ribuan mil dari Afrika menuju salah satu kota di Propinsi Jawa Timur ini 🤔🤔🤔.
Tilapia mozambique alias Mujair.

Ikan Mujair Oreochromis mossambicus (W. Peters), 1852, merupakan ikan tahan dan toleran terhadap salinitas atau kadar garam sehingga bisa hidup di air payau 🐟🐟🐟.

Yang unik adalah, induk betina ikan mujair akan mengerami telur di dalam mulutnya hingga menetas, kurang lebih seminggu hingga siap disapih. Betapa besar pengorbanan seorang Ibu Mujair. Peran Ibu yang besar inilah membuat perkembangan Ikan Mujair sangat pesat sehingga dianggap invasif.

Olahan ikan mujair sangat beraneka ragam, ada pesmol, saos padang, semur, bumbu kuning, acar kuning, bakar, kuah santan, asam manis, pecak, cabe ijo, balado, goreng tepung, goreng kecap dan yang paling saya suka dibakar dan goreng biasa pakai sambal mantah 😋😋😋.

Selamat beraktifitas.


0 Response to "Tilapia mozambique alias Mujair."

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel