google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Cnidoscolus aconitifolius (Mill.) I.M.Johns alias Bayam Pohon - PLANTER AND FORESTER

Cnidoscolus aconitifolius (Mill.) I.M.Johns alias Bayam Pohon



Tree Spinach - Bayam pohon??
Seringkali saya menemui tanaman ini ditanam di halaman rumah atau di pagar dengan pucuk pucuknya yang sudah terpotong dan bekas dipetik oleh si empunya rumah ditandai dengan getah putih yang meleleh atau menimbulkan bintik di bekas potongan ๐Ÿค”๐Ÿค”.

Cnidoscolus aconitifolius (Mill.) I.M.Johns alias Bayam Pohon
Disuatu gang di bilangan Petamburan ๐Ÿšถ‍♂️๐Ÿšถ‍♂️๐Ÿšถ‍♂️, saya menjumpai tanaman ini berbunga dan mirip dengan pepaya dengan bentuk yang cukup kecil sekitar 3-5 mili dengan tangkai tegak dan panjang.
Cnidoscolus aconitifolius (Mill.) I.M.Johns alias Bayam Pohon


Ternyata tanaman ini namanya Chaya alias
Cnidoscolus aconitifolius (Mill.) I.M.Johnst.๐ŸŒด๐ŸŒด dan berasal dari diyakini dari Semenanjung Yucatรกn, Meksiko. Jauh Banget ya ๐ŸŒŽ๐ŸŒ๐ŸŒ

Tanaman ini ternyata saingannya Bayam, sehingga disebut dengan Tree Spinach dan sayuran daun yang populer dalam masakan Meksiko dan Amerika Tengah, mirip dengan bayam. Daunnya harus dimasak sebelum dimakan, karena daun mentahnya mengandung asam hidrokyanat beracun yang tinggi. Hingga 5 daun mentah dapat dimakan sehari.

Chaya disebut juga menjadi makanan super atau Super Food karena bermacam manfaat untuk melancarkan sirkulasi darah, memperbaiki pencernaan, menurunkan kadar kolesterol dan kadar gula darah, serta mencegah anemia dan bermacam khasiat lainnya. Bisa tidak laku dokter kalau manfaatnya benar benar cocok ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€๐Ÿ‘. Hal ini karena kandungan nutrisi zat besi, kalium, kalsium dan Vitamin A.
Cnidoscolus aconitifolius (Mill.) I.M.Johns alias Bayam Pohon Vegetables

Chaya adalah sumber protein, vitamin, kalsium, dan zat besi yang baik; vitamin A dan juga sumber yang kaya antioksidan. Namun, daun chaya mentah beracun ๐Ÿฅถ๐Ÿ˜ฑ๐Ÿ˜ฐ karena mengandung glukosida yang dapat melepaskan racun sianida. Jangan khawatir, yang penting, memasak dengan direbus selama minimal 5 menit dan sebaiknya 15-20 menit sebelum dikonsumsi untuk menonaktifkan komponen beracun dan melepaskan HCN mirip mirip dengan singkong, yang juga mengandung glikosida hidrokyanik beracun dan harus dimasak sebelum dimakan.
Satu lagi, pastikan Panci yang digunakan untuk merebus sebaiknya bukan dari Alumunium untuk menghindari reaksi toksik yang dapat menyebabkan diare๐Ÿคฎ๐Ÿคท‍♀️.

Chaya di Indonesia ๐Ÿ‡ต๐Ÿ‡ฑterkadang disebut Pepaya Jepang ๐Ÿ‡ฏ๐Ÿ‡ต, karena memang mirip dengan Pepaya dengan daun lebih ramping dan tanaman mudah sekali bercabang, dan inilah yang menjadi kelebihan Chaya alias Pepaya Jepang, karena mudah sekali dibudidayakan dengan Stek.

Semoga bermanfaat...
Selamat menikmati daun Chaya...


1 Response to "Cnidoscolus aconitifolius (Mill.) I.M.Johns alias Bayam Pohon"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel