google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Clidemia hirta (L.) D. Don, Spesies gulma yang sangat invasif dan mampu tumbuh di bawah naungan. - PLANTER AND FORESTER

Clidemia hirta (L.) D. Don, Spesies gulma yang sangat invasif dan mampu tumbuh di bawah naungan.

Clidemia hirta (L.) D. Don.


Clidemia hirta (L.) D. Don.
Spesies gulma yang sangat invasif dan mampu tumbuh di bawah naungan.

Oleh Koster, tidak sengaja memasukkan benih Clidemia hirta ke Fiji dalam stock biji kopi. Ternyata dari biji yang terbawa ini, Clidemia berkembang dengan sangat cepat dan menjadi gulma utama di berbagai perkebunan serta mendapat julukan kutukan Koster.

Clidemia hirta (L.) D. Don.

Gulma invasif ini membentuk semak belukar yang tebal dan menutup areal perkebunan, hortikultura, hutan tanaman industri serta mampu menggeser spesies endemik.
Clidemia hirta dinominasikan sebagai salah satu dari 100 penjajah terburuk di dunia World's Worst Invaders Spesies di beberapa negara.


Clidemia hirta (L.) D. Don.
Di sejumlah negara, ledakan pertumbuhan gulma Clidemia bahkan mampu mengancam beberapa Taman Nasional.

Clidemia hirta (L.) D. Don.
Herbisida yang sesuai untuk mengendalikan gulma Clidemia dengan bahan aktif Triclopyr dan agen hayati Liothrips urichi, Colletotrichum gloesporioides.


Clidemia hirta (L.) D. Don.
Yang unik, ternyata perkembangan Clidemia hirta dibantu oleh Babi Hutan (Sus scrofa) sehingga pengendalian mamalia ini juga salah satu cara untuk menekan perkembangan gulma ini.



0 Response to "Clidemia hirta (L.) D. Don, Spesies gulma yang sangat invasif dan mampu tumbuh di bawah naungan."

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel