google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 About Coffee, Infio Tentang Kopi - PLANTER AND FORESTER

About Coffee, Infio Tentang Kopi

Kopi...☕


Coffee
Roasted Coffee Bean

Ya, Kopi, minuman yang memberi energi suasana hati anda.
Dulu di tanah Arab, Kopi adalah obat anti kantuk paling mujarab
Bangsawan eropa, menjadikan kopi sebagai klangenan dan teman dalam perjalanannya mengelilingi bumi ini


Etiopia adalah daerah asal muasal kopi. Di tanah Afrika Timur itu, alkisah hiduplah seorang gembala kambing bernama Kaldi...ya Mas Kaldi.

Arabica Coffee Cherry
Suatu malam, Mas Kaldi kebingungan karena kambing kambingnya hilang. Setelah berkeliling mencari, keesokan paginya Mas Kaldi menemukan kambing kambingnya terlihat begitu aktif, agresif, bergerak lincah dan gembira di dekat pohon berdaun hijau gelap dan berbuah berwarna merah.

saking penasarannya, Mas Kaldi juga ikut ikutan mengunyah dan mencicipi buah aneh (saat itu) agak pahit dan efek beberapa saat kemudian, Mas Kaldi merasa lebih berenergi. Mas Kaldi pun menduga.  perilaku kambingnya disebabkan biji aneh yang kemudian hari dikenal sebagai Coffee, Kopi, Kawo alias Coffee arabica .

Suatu waktu, saat menggembala, lewatlah seorang Imam dalam keadaan mengantuk saat perjalanan menuju masjid untuk menunaikan shalat sunuh di Masjid terdekat, di Etiopia tentunya .

Sang Imam melihat Mas Kaldi dan kambing kambingnya terlihat senang di sekitar pohon kopi yang sedang berbuah lebat. Melihat fenomena itu, Sang Imam yang cendekia dan berpola pikir sistematis (saat itu) lantas melakukan berbagai eksperimen terhadap buah kopi tersebut termasuk memanggang dan merebus.

Cerita lain menyebutkan, saat Mas Kaldi menunggu menggembala kambing sambil merebus air minum, tanpa sengaja ada beberapa buah kopi yang terjatuh dan masuk ke dalam perapian yang dibuatnya. Seiring dengan terpanggangnya buah kopi di perapian, menimbulkan aroma dan wangi dan menggugah selera. Dia ambil beberapa biji kopi yang terpanggang tersebut dan ditumbuk serta dicampur dalam air rebusan  dan ternyata rasanya lebih nikmat.

Kembali ke Sang Imam bereksperimen dengan berbagai cara untuk mengolah biji tersebur, dan hasil ekperimennya melahirkan minuman kopi yang menyegarkan dan memberi efek stimulasi pada metabolisme dan memberikan energi tranquilizer yang positif.

Sejak saat itulah (tahun berapa tidak tahu ) minuman kopi menjadi minuman favorit untuk mengobati kantuk sebelum sembahyang dan kebiasaan itu menyebar dari Masjid  ke Masjid  sampai akhirnya tersebar ke seluruh dunia.

Sang Kaldi
Tunggu lanjutannya ya...
cuplikan awalnya orang Eropa mengira kopi dari Yaman

#kopi
#coffee
#Kaldikopi
#sejarahkopi

0 Response to "About Coffee, Infio Tentang Kopi"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel