google.com, pub-6935017799501206, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Berastagi, On My Way Trip - PLANTER AND FORESTER

Berastagi, On My Way Trip

On mY wAy
EpiSoDe BERASTAGI
Story
Saya beruntung sempat mampir ke Berastagi, Sumatera Utara,
DI jakarta, saya sudah terbiasa dengan hiruk pikuk, cuaca panas dan lalu lintas yang pasti Jamp....alias macet. Sebagai konsekuensi tinggal di Jakarta.
Kota Berastagi sekitar 70 km di sebelah selatan kota medan dengan keunikan tersendiri.
Berastagi adalah suatu daerah di ketinggian sekitar 1.300 m dan berada diantara 2 gunung berapi teraktif di Sumatera : di sebelah utara Gunung Sibayak 2.212 m dan gunung Sinabung 2.460 m di sebelah barat.

Kota berastagi memiliki iklim sejuk sepanjang tahun, karena letaknya di ketinggian 1.300 dan karena itu mirip dengan Puncak di Bogor (sekitar ketinggian 800 m) menjadi tempat tujuan berlibur di akhir pekan khususnya penduduk Kota Medan.

Kota Berastagi merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Karo, dan sudah dikenal sejak jaman Belanda tahun 1920 menjadi pusat pertanian di Sumatera Utara.

Berastagi dikenal sebagai pusat pertanian dan dialek lokal Berastagi berarti “Gudang Beras” bahkan saat ini dikenal sebagai supplier Sayur mayur dan buah buahan.
Dari medan menuju Berastagi, setelah berkendara 30 menit akan memasuki area yang sejuk dan bukalah jendela mobil hirup udara segar sepuasnya. Kanan kiri dipenuhi pedagang Jagung Bakar dan jagung rebus.  Warung warung tersebut dibangun di atas tebing-tebing mirip penjual jagung di puncak bahkan lebih miring ke jurang...

Penginapan di Berastagi juga mirip dengan di Puncak, dari penginapan kita bisa melihat Gunung Sinabung.  Terlihat gagah dan tegak berdiri membelah bumi Berastagi dan sering batuk-batuk mengeluarkan isi perutnya.
Rekreasi pertama adalah Bukit Gundaling,berjalan melewati ladang sayur melihat petani merawat sayur mereka dan ada yang sekedar berbincang di pinggir kebun. Dari bukit gundaling  kita bisa melihat kota berastagi, Gunung Sinabung dan Sibayak.  Untuk menuju Bukit Gundaling, bisa juga naik Sado : Kereta kuda beroda dua mirip di jawa timur.

Melihat matahari terbit juga tidak hanya di Bromo, di Sibayak juga dapat melihat sun rise yang tidak kalah cantiknya dengan Bromo. DI puncak Sibayak, terdapat pemandian air panas yang muncul secara alami dan sering dipakai berendam untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit seperti rematik, tekanan darah tinggi, nyeri sendi.
Jangan lupa ke Air terjun Sipiso-piso, sekitar 1 jam dari berastagi. Bentuk tebing yang mirip geriigi pisau, makanya dinamakan sipiso-piso : Pisau. Ketinggian air terjun berkisar 100 meteran, jangan lupa memandang kebalikan air terjun....ujung danau toba.

Kuliner, ada makanan namanya Arsik, merupakan masakan tradisional batak berupa ikan mas yang dimasak dengan bumbu langka Andaliman dan dimonopoli  warna kuning kunyit. 

0 Response to "Berastagi, On My Way Trip"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel